Pengenalan Data Base dalam Microsoft Excel

Pengertian Data Base

Data Base(Basis data) didefinisikan sebagai kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (software) program atau aplikasi untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang kemudian disimpan.
Data Base(Basis data) merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data untuk diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Fungsi Data Base

Adapun beberapa fungsi data base sebagai berikut :
  1. Database berfungsi untuk mengelompokkan data dan mempermudah dalam proses identifikasi data. Database akan menampilkan data sesuai dengan permintaan dari user tentang suatu informasi dengan proses yang cepat dengan bantuan software Database Management Systems (DBMS).
  2. Software DBMS akan menghindarkan data ganda dan inkonsistensi pada database. Database akan memberikan notif secara langsung jika terjadi duplikasi data. Duplikasi dalam database ini sangat dimungkinkan sekali karena dari banyaknya jumlah data yang diinput.
  3. Funsgi database yang ketiga adalah memudahkan dalam akses, edit, tambah, delete dan penyimpanan data. Admin akan lebih mudah dalam mengelola semua kegiatan tersebut diatas walaupun jumlah datanya cukup besar.
  4. Menjaga kualitas database yang masuk agar sesuai dengan saat proses entry data dan setelah entry. Disini peran software sangat penting terutama mengkondisikan agar data tersimpan tetap aman sampai data dibutuhkan.
  5. Menjadi solusi untuk mengatasi masalah penyimpanan data konvensional yang memerlukan ruang yang besar dan memakan biaya banyak.

Manfaat Data Base

Adapun beberapa manfaat Data Base sebagai berikut :
  1. Tidak terjadi Redudansi Basis Data. Redudansi sendiri merupakan terjadinya data-data ganda dalam berkas-berkas yang berbeda.
  2. Integritas Data terjaga
  3. Independensi Data terjaga
  4. Kemudahan Berbagi Data
  5. Menjaga Kemanan Data
  6. Kemudahan Akses Data

Membuat Data Base di Microsoft Excel

  1. Membuat Lembar Kerja Baru. Beri nama ke empat worksheet  yaitu  Daftar Barang,Barang Masuk,Barang Keluar,Barang Tersedia. 
    Sedangkan Sheet daftar barang berfungsi sebagai  Master , agar list  barang  tidak ada yang redundant atau duplikat.

  2. Membuat Tabel.
    Nama barang di isi dengan No , Kode barang,Nama Barang,kategori Barang,satuan,Harga Satuan dan keterangan.

    Barang Masuk diisi dengan Nomor, Tanggal, Kode Barang, Nama Barang, Jumlah.
    Barang Keluar diisi dengan Nomor, Tanggal, Kode Barang, Nama Barang, Jumlah.
    Barang Tersedia di isi dengan No ,Kode barang,Nama Barang,Jumlah,Harga satuan dan Total. Total di dapatkan dari perkalian jumlah barang X Harga satuan. ini penting di buat jika kita ingin mengetahui Jumlah keseluruhan barang tersedia dalam Rupiah.

  3. Memasukan Nama Barang.
    Setelah semua tabel tersedia langkah selanjut nya adalah memasukan semua nama barang,biasanya process ini  lama karena banyaknya  barang. Tapi ini  hanya  sekali, selanjut nya hanya tinggal diperbaharui.
    Contoh seperti  gambar di bawah:
  4. Membuat Form Entry Barang masuk.
    Kenapa harus pakai form, agar memudahkan untuk melakukan entri data. di sheet daftar barang kita tidak menggunakan Form karena hanya akan update pertama kali dan selanjutnya hanya sesekali saja diperbaharui jika ada penambahan barang.
    bisa langsung di input di sheet excel nya,kenapa  harus  pakai  Form?  kita pakai form karena ada fungsi validasi,liat di gambar saat kita salah masukan kode maka ada peringatan barang belum ada di master list atau  daftar barang.bukan  hanya itu  stock  barang akan terupdate otomatis
  5. Membuat Form Entry Barang keluar.
    Membuatkan form entry nya agar ada fungsi validasi dan stock barang terupdate otomatis.
  6. Cek stock Barang.
    Setelah ada transaksi barang masuk dan barang keluar tentunya  stock barang sudah  di perbaharui secara otomatis saat kita melakukan transaksi,baik itu barang keluar maupun barang masuk.

Mengedit Data Base di Microsoft Excel

  1. Pertama-tama munculkan rancangan formnya.
  2. Setelah itu tambahkan 2 CommandButton.
  3. Lalu Ganti Name CommandButton pertama : cdmedit dan Caption : Edit, CommandButton kedua Name : cmdhapus dan Caption : Hapus, seperti rancangan berikut ini :
  4. Double klik cmdedit untuk masuk keruang penulisan koding, lalu tuliskan berikut ini :

    Private Sub cmdedit_Click()

    kodebarang = txtkode.Value
    With Worksheets("Sheet1").Range("B3:B26")
    Set c = .Find(kodebarang, LookIn:=xlValues)
    If Not c Is Nothing Then
    baris = c.Row
    Worksheets("Sheet1").Cells(baris, 2).Value = txtkode.Value
    Worksheets("Sheet1").Cells(baris, 3).Value = txtnama.Value
    Worksheets("Sheet1").Cells(baris, 4).Value = txtsatuan.Value
    Worksheets("Sheet1").Cells(baris, 5).Value = txtsupplier.Value
    End If
    End With
    txtkode.Value = ""
    txtnama.Value = ""
    txtsatuan.Value = ""
    txtsupplier.Value = ""

    txtkode.SetFocus

    End Sub

    Saat Perintah atau Tombol Edit diklik maka data dalam tabel akan berubah sesuai perubahan yang kita buat "
  5. Jalankan Program, Cari lah satu data untuk di Edit, setelah data tampil pada tiap - tiap Kotak isian ( TextBox ), rubahlah data nya lalu klik Perintah atau Tombol Edit, maka data dalam Tabel akan berubah sesuai dengan perubahan data yang kita buat.


    Sekarang untuk Koding perintah Hapus, Double klik cmdhapus untuk masuk keruang penulisan koding, lalu isikan koding berikut ini :

    Private Sub cmdhapus_Click()

    kodebarang = txtkode.Value
    With Worksheets("Sheet1").Range("B3:B26")
    Set c = .Find(kodebarang, LookIn:=xlValues)
    If Not c Is Nothing Then
    baris = c.Row
    Worksheets("Sheet1").Cells(baris, 2).EntireRow.Delete
    End If
    End With

    End Sub

    " Bila Perintah atau Tombol Hapus diklik maka data dalam tabel akan terhapus sesuai isian pada Kotak isian ( TextBox )"
  6. Jalankan Program, Cari lah satu data untuk di Hapus, setelah data tampil pada tiap - tiap Kotak isian ( TextBox ), klik Perintah atau Tombol Hapus, maka data dalam Tabel akan terhapus.
    Klik Perintah atau Tombol Keluar untuk menutup Program dan jangan lupa untuk menyimpan nya.

Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mail Merge, Main Document dan Data Source

Ilmu Sosial Dasar(ISD): Pemuda Dan Sosialisasi

Membuat Rumus dan Fungsi pada Ms. Excel

Hardware, Software & Brainware

Pengenalan Dan Dasar-Dasar Word For Windows

Pengenalan dan Dasar-dasar Microsoft Word For Windows part.2