Membuat Rumus dan Fungsi pada Ms. Excel

Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diperlukan oleh semua orang. Mengingat fungsinya untuk melakukan penghitungan, membuat aplikasi ini banyak digunakan. Baik oleh mereka yang masih mengenyam pendidikan, hingga yang sudah bekerja.

A.  Kegunaan Microsoft Excel Dilihat dari Beberapa Bidang
Beberapa kegunaan yang terdapat pada Microsft excel :
1.     Bidang Akuntansi
Microsoft Excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah laba atau rugi suatu perusahaan. Bisa juga untuk mencari besarnya keuntungan selama satu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.

2.     Kalkulasi Matematis
Untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya.

3.     Pengelolaan Data
Untuk pengelolaan data base statistik, menghitung data, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.

4.     Pembuatan Grafik
Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, Misalnya membuat grafik perkembangan nilai komputer siswa dalam lima tahun, membuat grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, membuat grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswa selama sepuluh tahun, dan sebagainya.

5.     Operasi Tabel
Kegunaan terakhir yakni untuk dapat mengoperasikan tabel. Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.
           
Rumus-Rumus di Microsoft Excel
RUMUS EXCEL UNTUK DUNIA KERJA
RUMUS
KETERANGAN
SUM
Menjumlahkan
AVERAGE
Mencari Nilai Rata-Rata
AND
Mencari Nilai dengan Perbandingan Dan
NOT
Mencari Nilai Dengan Pengecualian
OR
Mencari Nilai dengan Perbandingan Atau
SINGLE IF
Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH
MULTI IF
Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR
/SALAH Dengan Banyak Perbandingan
AREAS
Menampilkan Jumlah Area (range atau sel)
CHOOSE
Menampilkan Hasil Pilihan Berdasarkan Nomor Indeks
HLOOKUP
Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar
VLOOKUP
Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak
MATCH
Menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan
COUNTIF
Menghitung Jumlah Cell dalam Suatu Range dengan kriteria tertentu
COUNTA
Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi
DAY
Mencari Nilai Hari
MONTH
Mencari Nilai Bulan
YEAR
Mencari Nilai Tahun
DATE
Mendapatkan Nilai Tanggal
LOWER
Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Kecil
UPPER
Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Besar
PROPER
Merubah Karakter Awal Teks Menjadi Huruf Besar


B.     Membuat Formula Pada Microsoft Excel

1.      Untuk membuat formula Excel dimulai dengan tanda “=” sama dengan.
2.      Formula Excel dapat memuat operasi matematika dasar serta rumus-rumus Excel.
3.      Formula pada Excel dapat dilakukan perintah Autofill berdasarkan Alamat Sel yang termuat dalam formula Excel.
Berikut merupakan Rumus Operasi Matematika Pada Microsoft Excel
 Simbol
 Fungsi
+
 Penjumlahan
 Pengurangan
*
 Perkalian
/
 Pembagian
%
 Persen
^
 Perpangkatan
=
 Sama dengan
 Kurang dari
<=
 Kurang dari atau sama dengan
 Lebih dari
>=
 Lebih dari sama dengan
<> 
 Tidak sama dengan

C.  Cara Membuat Formula Pada Microsoft Excel Dan Menggunakan Autofill

Untuk memasukkan formula Excel anda dapat memasukkan langsung di sel maupun formula bar Microsoft Excel.

1.      Klik Sel yang akan dimuat formula Excel
2.      Tekan tanda “=” untuk mendefinisikan suatu ekspresi formula Excel
3.      Anda dapat memasukkan alamat sel secara manual atau klik sel yang akan dilakukan operasi hitung atau rumus excel
4.      Teken Enter untuk menghitung
5.      Anda dapat melakukan autofill jika sel yang anda hitung berada dalam suatu range

D.  Cara Menampilkan Formula Pada Microsoft Excel

Anda dapat menampilkan formula yang dibentuk baik yang diinput manual maupun dengan fitur Autofill pada Worksheet Excel dengan tombol perintah Show Formulas pada tab menu Formula Ribbon.

Anda juga dapat menggunakan shortcut CTRL+` untuk melakukan perintah ini.

 E.   Menggunakan Range dalam Rumus
Berikut adalah contoh sederhana bagaimana cara menggunakan “Range Name”. Misalnya kita mempunyai kasus sederhana seperti berikut:

Nilai Harga Pokok ada di B1, Margin ada di B2 dan rumus yang kita masukan ke Harga Jual adalah =B1+(B1*B2).

Mari kita buat “Range Name” untuk masing-masing Harga Pokok, Margin, dan Harga Jual.
 1.      Klik cell B1


 2.      Ketikan nama cell yaitu: harga_pokok kemudian klik Enter

 3.      Kemudian klik B2, pada name box, ketikan margin, kemudian klik Enter

 4.      Berikutnya kita akan membuat rumus-nya di cell B3.
 5.      Klik B3
 6.     Kemudian kita tulis =har, maka nama range akan muncul di drop-down, tinggal dipilih.      klik dengan mouse atau tombol tab.

 7.      Teruskan sampai rumusnya selesai, seperti contoh di bawah ini

 8.      Hasil akhirnya akan seperti berikut


   Ms Excel menyediakan alat untuk mengelola “range name” yang ada di Ribbon, pada tab Formula >> Defines Name

     Klik tombol Name Manager untuk membuka dialog box Names
 


 Disini kita bisa melihat lebih jelas tentang Names yang sudah kita buat. Misalnya
  ·         harga_pokok yang berisi nilai 5000 , yang me-refer ke lokasi =Sheet1!$B$1
  ·         margin yang berisi nilai 10%, yang me-refer ke lokasi =Sheet1!$B$2

Pada dialog box ini, Anda bisa membuat Names baru dengan tombol New, mengubah dengan Edit, dan menghapus dengan tombol Delete.


  Berikut kita akan membuat contoh lain menggunakan “Range name”. Data worksheet yang akan dipakai  adalah sebagai berikut:

     Disini kita akan membuat rumus pada kolom Total dengan menggunakan Range Names.
  1.  Blok pada kolom “Units” yaitu range D2:D20, kemudian kita beri nama units



  1. Kemudian blok pada kolom “UnitPrice”, Range E2:E20, beri nama: unitprice

  1. Berikutnya kita bisa membuat rumus dengan menggunakan Names tersebut.
  2. Misalnya pada kolom G2 kita ketik =un

  1. Maka akan muncul Range Name yang sudah kita buat.
  2. Kita lengkapi rumusnya seperti berikut

  1. Klik Enter

  1. Kita lihat, rumus diatas menggunakan sepenuhnya Range Name
  2. Kita tinggal copy/drag ke bawah rumus tersebut maka akan muncul hasil secara keseluuhan.



F.  Melakukan Perhitungan Matematika Dengan Fungsi Umum
Penjumlahan :
1.      Klik sell yang akan kita masukkan rumus penjumlahan
2.      Ketik rumus =B3+C3 lalu tekan enter

3.      Atau bisa juga menggunakan rumus SUM, rumusnya =SUM(B3:C3),tekan Enter


4.      Hasil dari kedua rumus diatas adalah sama


Pengurangan :
1.      Klik sell yang akan kita masukkan rumus pengurangan
2.      Ketik rumus seperti pada gambar di bawah

3.      Lalu enter

Untuk rumus pengurangan pada excel cukup menggunakan operator minus ( - )
Perkalian :
1.      Klik sell yang akan kita masukkan rumus perkalian
Ketik rumus seperti pada gambar di bawah:
2.      Ketik rumus seperti pada gambar di bawah

3.      Atau kita bisa menggunakan rumus PRODUCT, rumusnya =PRODUCT(A6:B6)

4.      Lalu enter, maka hasil dari kedua rumus di atas adalah sama
Pembagian :
1.      Klil sell yang akan kita masukkan rumus pembagian
2.      Ketik rumus seperti pada gambar di bawah


3.      Lalu tekan enter


       G.   Macam-macam Fungsi pada Ms. Excel
·         Fungsi String
Fungsi string adalah fungsi yang digunakan untuk melakukan manipulasi (mengambil, mengubah) data karakter/string. String sendiri merupakan kumpulan karakter, angka, kombinasi huruf & angka. Fungsi string Antara lain yaitu:
Ø  Fungsi Left : Untuk mengambil substring dari sebuah string, dari karakter yang paling Kiri. Rumus : Left(text, number_of_characters ).
text adalah data string yang akan diambil
number_of_characters adalah data jumlah karakter yang akan diambil dimulai dari paling kiri.

Ø  Fungsi Right : Untuk mengambil substring dari sebuah string, dari karakter yang paling Kanan. Rumus : Right(text, number_of_characters ).
text adalah data string yang akan diambil
number_of_characters adalah data jumlah karakter yang akan diambil dimulai dari paling kanan.

Ø  Fungsi Mid : Untuk mengambil substring dari sebuah string dari posisi manapun. Rumus : Mid(text, start_position, number_of_characters ).
text merupakan string yang akan diambil
start_position adalah posisi data  mulai diambilnya karakter dalam string
number_of_charakters adalah jumlah karakter yang akan diambil

Ø  Fungsi LEN : Untuk menghitung panjang karakter. Rumus : Len(text).
text merupakan string yang akan dihitung karakternya.

Ø  Fungsi LOWER : Untuk mengkonversi semua kata atau huruf  pada string menjadi huruf kecil semua. Jika dalam string bentuknya bukan kata atau huruf maka fungsi ini tidak berpengaruh. Rumus : Lower(text).
text adalah string yang akan diubah menjadi huruf kecil.

Ø  Fungsi UPPER : Untuk mengubah teks ke dalam huruf besar semua. Rumus : Upper(text).
text merupakan string yang akan diubah menjadi huruf besar semuanya.

Ø  Fungsi CONCATENATE : Untuk menggabungkan 2 atau lebih string. Rumus: Concatenate(tex1,tex2,…,text_n).
Sampai 30 string yang dapat digabungkan, Selain Concatenate juga dapat menggunakan operasi “&”


·         Fungsi Logika
Fungsi atau expresi logika biasanya digunakan untuk operator relasi sebagai berikut :

Untuk pengunaan ekspresi logika, lihat gambar berikut :

Jika sudah membuat seperti gambar tersebut maka hasilnya seperti ini:

·         Fungsi Tabel
Fungsi pembacaan tabel juga merupakan ringkasan atas persyaratan yang dibuat di fungsi logika. Fungsi pembacaan tabel terbagi menjadi 2 yaitu =VLOOKUP() untuk susunan tabel vertikal dan =HLOOKUP() untuk susunan tabel horisontal.
Adapun rumus yang digunakan dalam penerapan fungsi pembacaan tabel ini yaitu :
=VLOOKUP(Nilai_kunci, letak_table, nomor_kolom, tipe_data)
=HLOOKUP(Nilai_kunci, letak_table, normor_baris, tipe_data)
Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menghitung Gaji pokok, Tunjangan, Transportasi dan Fungsi HLOOKUP digunakan untuk Pajak.


  Referensi :
































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mail Merge, Main Document dan Data Source

Ilmu Sosial Dasar(ISD): Pemuda Dan Sosialisasi

Hardware, Software & Brainware

Pengenalan Dan Dasar-Dasar Word For Windows

Pengenalan dan Dasar-dasar Microsoft Word For Windows part.2